Berita Hoax Soal Virus Corona yang Banyak Dipercaya Masyarakat

Hoax Soal Virus Corona

Berita hoax atau berita bohong ternyata tidak hanya muncul di saat sedang ada perhelatan politik saja. Di tengah pandemi seperti saat ini, banyak sekali berita hoax soal virus Corona. Anehnya, banyak masyarakat mempercayai hal tersebut.

Akibatnya, terjadi kekacauan di masyarakat. Padahal, inilah yang harus dihindari. Kekacauan membuat masyarakat panik dan juga khawatir. Ketika masyarakat terlalu khawatir, maka mereka akan memiliki daya tahan yang rendah. Saat itulah justru virus Corona atau Covid-19 mudah menyerang. Untuk itu, semua orang tidak boleh percaya mengenai isu soal Corona. Akan lebih baik jika lebih banyak waktu digunakan untuk berpikir positif, seperti contoh bagaimana agar survive, teruama mereka yang terkena PHK akibat Covid-19.

Isu Soal Virus Corona yang Sudah Menyebar di Masyarakat

Ada beberapa berita hoax soal virus Corona yang menyebar di grup WA di masyarakat. Di antaranya sebagai berikut:

1. Alkohol Bisa Membunuh Virus Corona

Boleh dikatakan isu tentang alkohol yang mampu membunuh virus corona adalah berita hoax pertama kali semenjak virus corona menjangkit masyarakat. Hal ini terkait dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal penanganan virus Covid-19, yaitu dengan menyemprotkan cairan yang ada kandungan alkoholnya atau yang disebut dengan disinfektan.

Masih ingat pemulangan WNI dari Wuhan? Setelah sampai di Tanah Air, mereka yang pulang dari Wuhan disemprot disinfektan. Beberapa masyarakat pada waktu berpikir bahwa virus itu bisa langsung mati dengan cairan yang ada kandungan alkoholnya.

Itu memang benar. Akan tetapi, bukan berarti alkohol harus diminum agar virus corona yang mungkin ada di dalam tubuh mati. Virus yang sudah masuk ke dalam tubuh tidak bisa dimatikan dengan mengkonsumsi alkohol. Jelas ini berita hoax soal Covid-19 yang tidak boleh dipercaya.

2. Berkumur dengan Air Hangat Dicampur dengan Garam

Hoax selanjutnya yang juga menyebar di masyarakat adalah mengenai kebiasaan berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Kabarnya ini bisa menangkal virus corona.

Jelas ini berita bohong. Memang berkumur dengan air garam hangat itu bisa menghilangkan gejala batuk dan pilek. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat virus yang mungkin ada di dalam tubuh bisa dimatikan.

3. Buat Pisang Anti Corona

Memang buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan hal tersebut sudah dibuktikan secara ilmiah. Misalnya saja buah pisang baik sekali dikonsumsi orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Atau orang yang berisiko terkena serangan jantung dan juga diabetes juga disarankan mengkonsumsi buah pisang. Saking ampuhnya, banyak yang menganggap buah pisang itu bermacam-macam penyakit berbahaya, tak terkecuali virus corona.

Memang tekanan darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung bisa diatasi dengan sering mengkonsumsi buah pisang. Namun, jika buah ini bisa menangkal corona, jelas ini hoax.

4. Corona Menular Pada Janin

Memang benar seorang ibu hamil akan sangat mudah sekali menularkan penyakit kepada janin yang ada di dalam kandungan. Contohnya saja HIV. Itulah mengapa ibu hamil disarankan melakukan tes HIV. Ini penting agar ketika ternyata seorang ibu hamil positif HIV, ada hal yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan. Ini penting agar HIV tidak menular ke anak yang ada di dalam kandungan.

Meskipun demikian, bukan berarti virus Corona yang mungkin ada di dalam ibu hamil bisa menular pada janin. Sampai sekarang, belum ada bukti dan juga penelitian ilmiah mengenai hal tersebut. Makanya, ini juga dikategorikan sebagai berita hoax soal virus Covid-19.

Itulah beberapa berita hoax soal virus corona yang banyak masyarakat percaya. Seharusnya, semua masyarakat tidak percaya berita begitu saja. Karena ini terkait dengan kesehatan, seharusnya mereka hanya percaya pada sumber yang terpercaya, misalnya saja sumber dari website kementrian kesehatan atau dari WHO (World Health Organization).

Leave a Reply