Menjadi Administrator Basis Data Oracle 10g : Toko Buku Komputer BI-OBSES
Menjadi Administrator Basis Data Oracle 10g
Penerbit : INFORMATIKA
Penulis : Adi Nugroho, ST., MMSI
Tebal Buku : 382 Halaman
Kategori : Basis Data / Oracle
Berat Buku : 0.39 Kg
Harga : Rp 50.000  

Rating: 2.3/5 (21 Voters)

Share
|

Oracle 10g terdiri dari 3 komponen utama, yaitu: Oracle 10g Database Server, Oracle 10g Application Server, serta Oracle 10g Enterprise Manager. Buku ini hanya membahas Oracle 10g Database Server. Topik-topik yang dibahas dalam buku ini adalah :

  1. Konsep-konsep yang mendasari Oracle 10g Database Server serta pernyataan-pernyataan SQL dan PL/SQL yang paling sering digunakan.
  2. Pengenalan tentang fitur-fitur Oracle 10g yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan basis data dalam rangka melakukan pengelolaan terhadapnya. Fitur-fitur yang dimaksud adalah: EM (Enterprise Manager), iSQL*Plus, serta SQL*Plus.
  3. Konsep-konsep pengaturan hak akses pengguna dan keamanan basis data serta bagaimana mengimplementasikannya dalam sistem basis data Oracle 10g.
  4. Konsep-konsep pemeliharaan dan perbaikan kinerja basis data (tuning) dan bagaimana mengimplementasikannya menggunakan (yang terutama) EM (Enterprise Manager).
  5. Konsep-konsep penyalinan (backup) basis data serta pemulihannya (recovery). Dalam bagian ini, selain menggunakan 3 fitur yang telah disebutkan di atas, kita juga akan belajar bagaimana melakukannya menggunakan RMAN (Recovery Manager).

Secara umum, apa yang akan dibahas dalam buku ini adalah segala sesuatu yang paling sering dilakukan oleh DBA (Database Administrator) Oracle 10g dalam pekerjaannya sehari-hari. Meski demikian, karena ditulis oleh seorang akademisi, buku ini juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari aspek-aspek yang umum dari suatu server basis data (Dalam hal ini Oracle 10g Database Server).

Komentar Pembaca Bagikan
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image